Sejarah Desa

SEJARAH TERBENTUKNYA DESA CIPTAGUMATI

Catatan sejarah Desa Ciptagumati menerangkan bahwa berawal dari Surat Intruksi Gubernur Jawa Barat Tahun 1982 Tentang Intruksi kepada seluruh desa yang berada diwilayah Propinsi Jawa Barat yang berpenduduk minimal 10.000 jiwa harus dimekarkan ataupun sebaliknya apabila terdapat desa yang berpenduduk kurang dari 10.000 jiwa harus disatukan/ Merger dengan desa lainnya yang masih sama belum mencapai Kuota 10.000 jiwa tersebut.

Setelah adanya Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat tersebut maka Pemerintah Desa Cikalong pada waktu itu yang dipimpin oleh PJS Kepala Desa Cikalong yaitu Bapak NUNUNG dan Sekretaris Desa/Juru Tulis Bapak DADAY RUKMAN. H.U mengadakan musyawarah dengan para tokoh masyarakat yang ada di desa beserta tokoh masyarakat dari wilayah  yang direncanakan menjadi wilayah Desa pemekaran.

Setelah diadakannya musyawarah desa tersebut sebagai salah satu hasil keputusannya adalah membentuk Panitia Pemekaran Desa yang beranggotakan 11 (sebelas) orang dan selanjutnya bernama Panitia 11 yang beranggotakan 6 (enam) orang dari Desa Induk dan 5 (lima) orang dari Desa rencana Pemekaran. Adapun yang menjadi tugas pokok dari Panitia 11 tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendataan tentang keadaan potensi yang dimiliki oleh Desa Induk dan Potensii yang dimiliki oleh Desa hasil pemekaran;
  2. Melaksanakan Penentuan Batas-batas Desa;
  3. Melaksanakan Pengadaan/pengisian Profil Desa dan data-data penunjang lainnya;
  4. Melaksanakan Pembagian Tanah Kas Desa.

Dengan telah selesainya tugas-tugas Panitia 11 tersebut maka diresmikanlah Pemekaran Desa Cikalong menjadi dua bagian. Setelah diresmikannya hal tersebut maka para tokoh di Desa Hasil Pemekaran mengadakan musyawarah untuk menentukan nama Desa dan para tokoh tersebut adalah sebagai berikut

  1. Y
  2. Supardi
  3. Sodikin. R
  4. Ita Karmita
  5. Endang Rahmat
  6. Sobandi
  7. Daso
  8. S
  9. E. Ratna. S

Adapun nama yang diusulkan dalam musyawarah tersebut ada 3 nama yaitu Desa Cipta Harja, Desa Giri Dan Desa Ciptagumati. Setelah diadakan pemilihan maka nama desa yang terpilih adalah Desa Ciptagumati sebagai nama Desa baru hasil pemekaran Desa Cikalong dengan Luas Wilayah ± 206, 672 Ha dan berkedudukan di Gedung Bekas Gudang Senjata Belanda tepatnya di Kampung Gudang RW. 04, lalu pernah digunakan sebagai Sarana Madrasah dan selanjutnya sampai sekarang Kantor Kepala Desa Ciptagumati tetap menggunakan gedung tersebut.

Pada saat itu Desa Ciptagumati terdiri dari 6 wilayah Rukun Warga (RW)/Kampung dan nama CIPTAGUMATI diambil dari gabungan hurup 6 RW/Kampung tersebut yaitu :

  1. CI dari Kata Kampung CIGINTUNG ( wilayah RW. 01 );
  2. P             dari kata Kampung PASAR (wilayah RW. 02 );
  3. TA dari kata Kampung TAGOG (wilayah RW. 03 );
  4. GU dari kata Kampung GUDANG (wilayah RW.04 );
  5. MA dari kata Kampung MANDORBAS (wilayah RW. 05 );
  6. TI             dari kata Kampung WARUNGJATI (wilayah RW.06 );

 

Nama CIPTAGUMATI yang apabila dikonversikan kedalam pengertian bahasa dapat diartikan sebagai berikut, CIPTA berarti Menciptakan/membentuk, GUMATI berarti Kebanggaan, Kehormatan jadi apabila diartikan sepenuhnya Kata CIPTAGUMATI dapat berarti Menciptakan suatu Kebanggaan/Kehormatan yang diharapkan nantinya Desa yang baru tersebut dapat menciptakan suatu Kebanggaan/Kehormatan tersendiri yang dapat dijadikan modal awal pembangunan dimasa yang akan datang.

Setelah nama dan luas wilayah desa terbentuk, maka untuk memimpin Desa Ciptagumati saat itu ditunjuklah Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa yaitu DADAY RUKMAN.H.U yang sebelumnya menjabat Sekretaris Desa/ Juru Tulis Desa Cikalong yang disahkan dengan Surat Keputusan Bupati Kabupaten Bandung Nomor: 04/PM.022.1/SK/PJ/Pemdes tanggal 15 September 1982. Adapun secara resminya Desa Ciptagumati disahkan pada tanggal 05 Oktober 1982 oleh SOEHARTO, BA sebagai Kepala Kewadanaan Pembantu Bupati Kabupaten Bandung Wilayah Kecamatan Cikalongwetan.

Sejarah mencatat bahwa dalam kurun waktu 28 tahun telah terjadi beberapa kali penggantian Kepala Desa. Untuk dapat lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

Tabel 2.1

Data Pergantian Kepala Desa Ciptagumati

 

No Tahun Uraian Kepala Desa Terpilih Sekretaris Desa/ Juru Tulis
1. 1982 PJS Kepala Desa DADAY RUKMAN. H.U JOJO SUTARDJO
2. 1986 Pemilihan Kepala Desa Ciptagumati I DADAY RUKMAN. H.U JOJO SUTARDJO
3. 1994 Pemilihan Kepala Desa Ciptagumati II MUSTARAM JOJO SUTARDJO
4. 2003 Pemilihan Kepala Desa Ciptagumati III OO KOMARUDIN JOJO SUTARDJO/ DEDI KURNIA
5. 2008 Pemilihan Kepala Desa Ciptagumati IV ADE SUPARMAN, B.Sc DEDI KURNIA
6. 2014 Penjabat Kepala Desa Ciptagumati DIDI SURYADI, SE DEDI KURNA
7. 2015 Pemilihan Kepala Desa Ciptagumati V ADE SUPARMAN, B.Sc DEDI KURNIA
Facebook Comments