LPMD

A. SUSUNAN ORGANISASI KEPENGURUSAN  LPMD DESA CIPTAGUMATI

KETUA : H.EDI.S.Sos
BENDAHARA : RANI
SEKRETARIS : OO KOMARUDIN
RENLAKBANG : SANDI.D
LITBANG : DADANG ROMASYAH
GALDAMAS : YUKI ABDULROHMAN
KAMTIB : DUDUNG M ZEIN
HUMAS : CAHYA

B. TUGAS POKOK LPMD

Sebagaimana diatur dalam peraturan bupati kabupaten bandung barat dan peraturan desa ciptagumati, bahwa tugas pokok lpmd adalah membantu pemerintah desa dalam hal merencanakan dan melaksanakan pembangunan di desa dengan menggerakan peran serta, swadaya dan gotong royong masyarakat desa

C. PROGRAM KERJA LPMD

Dalam menyusun rencana dan pelaksanaan pembangunan desa, lpmd desa ciptagumati menganut sistem perencanaan dari bawah atau bottom up dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pengurus LPMD mengidentifikasi permasalahan berdasarkan usulan rencana pembangunan dari tiap rw.

2. Mengadakan musyawarah di tingkat rw, sekaligus sosialisasi dan menetukan prioritas pembangunan tingkat rw. Data usulan rencana pembangunan dari tiap rw dikumpulkan di lpmd, untuk disusun dalam musrenbang desa ciptagumati.

3. Lpmd beserta pemerintah desa ciptagumati memprioritaskan perencanaan musrenbang desa ciptagumati dengan kegiatan sebagai berikut:

a. Menyusun panitia pelaksanaan musrenbang

b. Menentukan jadwal pelaksanaan musrenbang

c. Menyusun daftar undangan

d. Mempersiapkan sarana, administrasi dan materi yang akan dibahas dalam musrenbang

4. Pelaksanaan musrenbang desa. Adapun pelaksanaan musrenbang desa adalah sebagai berikut:

a. Mengevaluasi pelaksanaan dan realisasi pembangunan tahun yang lalu.

b. Menentukan prioritas rencana pembangunan tahun yang akan datang, sesuai hasil musyawarah di tingkat rw.

c. Menganalisa prioritas pembangunan di tingkat rw, berdasarkan saran dan pendapat dari peserta musrenbang              desa

5. Pemerintah desa membuat dokumen rencana pembangunan dan memilah-milahkan sumber pembiayayan pembangunan hasil musrenbang desa, mana yang akan dibiayai apbd kabupaten, apbd propinsi, apbdes, ataupun swadaya masyarakat. Selanjutnya program-program pembangunan yang berdasarkan sumber pembiayayan apbd kabupaten , apbd propinsi, apbdes diusulkan ke tingkat kecamatan untuk dibahas dalam musrenbang kecamatan.

Facebook Comments