LETAK GEOGRAFIS

Desa Ciptagumati merupakan salah satu Desa di wilayah Kecamatan Cikalongwetan yang berada diatas 600 – 700 M/Dpl dengan luas wilayah ± 206,672 Ha. Secara kewilayahan Desa Ciptagumati terdiri dari 4 Dusun dengan 11 Rukun Warga (RW) dan 51 Rukun Tetangga (RT). Desa Ciptagumati memiliki batas wilayah Administratif sebagai berikut :

  • Sebelah Utara : Desa Cisomang Barat / Desa Tenjolaut
  • Sebelah Barat : Desa Cikalong
  • Sebelah Selatan : Desa Kanangasari
  • Sebelah Timur : Desa Mandala Mukti

1. Topografi

Desa Ciptagumati merupakan desa yang berada diwilayah perbukitan dengan ketinggian antara 600 – 700 M dpl (dibawah permukaan laut). Sebagian besar wilayah Desa Ciptagumati adalah daerah perbukitan dengan kemiringan antara 25° – 35°. Desa ciptagumati terletak dijantung Ibukota Kecamatan Cikalongwetan, hal ini menyebabkan Desa Ciptagumati seringkali dijadikan barometer perkembangan pembangunan dan pusat perdagangan di Kecamatan Cikalongwetan.

2. Hidrologi Dan Klimatologi

Aspek Hidrologi suatu daerah/ wilayah desa sangat menentukan dalam pengendalian dan pengaturan tata air wilayah desa. Berdasarkan hidrologinya, aliran-aliran sungai diwilayah Desa Ciptagumati adalah terusan dari aliran sungai dari Desa Mandalamukti dan Desa Ganjarsari, tercatat beberapa sungai atau solokan yang berskala sedang dan kecil yang terdapat di Desa Ciptagumati, diantaranya :

  • Sungai Cilurah merupakan aliran sungai dari Desa Mandalamukti yang berasal dari mata air Cibulakan.
  • Sungai Cileuleuy merupakan aliran sungai dari Desa Ganjarsari yang berasal dari mata air Cikahuripan.

Secara umum di Desa Ciptagumati terjadi penurunan wilayah Persawahan penduduk sebagai salah satu akibat dibangunnya Jalan Tol Cipularang dan hal ini pula sangat berpengaruh kepada beberapa sumber mata air berskala kecil yang menjadi sumber kehidupan masyarakat penggarap sawah.

 3. Luas Dan Sebaran Penggunaan Lahan

Pada umumnya lahan di Desa Ciptagumati digunakan secara produktif dan hanya sedikit saja yang tidak dipergunakan. Hal ini menunjukan bahwa Desa Ciptagumati masih mempunyai sumber daya alam yang memadai dan siap untuk diolah. Walaupun akhir-akhir ini terjadi penurunan jumlah luas wilayah persawahan penduduk namun dalam hal komoditas perkebunan Desa Ciptagumati masih memiliki prospek yang baik untuk masa yang akan datang. Begitupun dalam hal perdagangan dan perekonomian, penduduk  Desa Ciptagumati sebagian besar bermata pencaharian sebagai pedagang, hal ini diharapkan Desa Ciptagumati dapat menjadi Pusat Perdagangan di Kecamatan Cikalongwetan.

Untuk lebih jelasnya mengenai Luas wilayah dan penggunaannya dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Tabel 2.3

Luas Lahan Dan  Penggunaannya

SAWAH (Ha)

DARAT (Ha)

 

Teknis

 

½ Teknis

 

Tadah Hujan

 

Pekarangan Pemukiman

 

Kebun Rakyat

 

Pekuburan

Fasilitas Umum (Pasar, Sekolah, Dll)

Lain-lain

46 97 54,672 2

7

Sumber : Data Desa Ciptagumati
Facebook Comments